Inilah Prospek Kerja di Dunia Farmasi yang Menjanjikan

PAFI Tanjung Jabung Timur merupakan cabang PAFI yang turut ikut serta mewujudkan visi misi PAFI dalam memakmurkan anggotanya lewat jaringan profesional sehingga anggotanya mendapatkan jenjang karir yang cemerlang. Seperti diketahui banyak orang beranggapan lulusan farmasi hanya memiliki jenjang karir yang terbatas sebagai apoteker. Padahal lulusan farmasi memiliki prospek kerja yang luas dan gaji yang menjanjikan. Lantas apa saja prospek kerja yang bisa dimiliki lulusan farmasi? Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut.

Prospek Kerja Lulusan Farmasi beserta Rentang Gajinya 

Berikut prospek kerja lulusan farmasi beserta gajinya yang perlu Anda ketahui. 

1. Apotek, laboratorium klinik dan rumah sakit

Apotek, laboratorium klinik dan rumah sakit merupakan prospek kerja yang paling jelas bagi lulusan farmasi. Sebab apoteker merupakan jenjang karir paling utama di dunia kefarmasian. Untuk bisa menjadi seorang apoteker, Anda perlu menempuh pendidikan profesi apoteker terlebih dahulu. Untuk gaji apoteker yang bekerja pada layanan kerja tersebut berkisar Rp3,5 juta hingga Rp4,5 juta 

2. Pengajar atau dosen

Pengajar atau dosen juga merupakan salah satu prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusan farmasi. Untuk bisa menjadi pengajar atau dosen, Anda harus menempuh pendidikan sebagai magister atau S2. Untuk gajinya sendiri cukup besar, yakni berkisar antara Rp5 juta hingga Rp10 juta.

3. Industri farmasi 

Industri farmasi merupakan prospek kerja paling mudah bagi jurusan farmasi karena peluang kerjanya cukup besar. Gajinya juga sudah mengikuti gaji UMR tiap daerah. Pada umumnya lulusan farmasi akan ditempatkan sebagai R&D (Research and Development). Bagian R&D sendiri biasanya memiliki tugas menentukan formula obat bahkan menyempurnakan obat yang sudah ada. 

4. Lembaga pemerintahan

Prospek kerja lulusan farmasi yang menjanjikan selanjutnya yakni bergabung dengan lembaga pemerintahan. Anda bisa mendaftarkan diri untuk bekerja di Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan ataupun BPOM. Untuk rentang gaji biasanya mulai dari UMR setiap daerah. Gaji tersebut masih belum ditambah dengan tunjangan dan bonus lainnya.

5. Farmasi forensik 

Lulusan farmasi juga bisa mendapatkan prospek kerja di lembaga kepolisian sebagai farmasi forensik. Untuk gajinya sendiri sangatlah menjanjikan yakni sekitar Rp4 jutaan hingga Rp10 jutaan. 

6. Medical Science Liaison

Meski tidak banyak lulusan farmasi yang berminat untuk bekerja sebagai medical science liaison. Namun pekerjaan ini sangatlah menjanjikan karena memiliki gaji yang lumayan besar, yakni sebesar Rp5 juta hingga Rp10 juta. Pekerjaannya sendiri juga sangat menarik, karena bertugas mengevaluasi organisasi ataupun produk obat-obatan atau farmasi lainnya.

7. Regulatory affairs

Regulatory affairs merupakan prospek kerja di jurusan farmasi yang memiliki gaji menjanjikan kurang lebih Rp7 juta hingga Rp10 juta.Tugas regulatory affairs sendiri memastikan bahwa produk-produk farmasi yang dibuat oleh perusahaan sudah sesuai dengan regulasi kefarmasian Indonesia. 

8. Dunia kecantikan 

Bicara soal dunia kecantikan dari dulu hingga sekarang merupakan prospek kerja yang paling menggiurkan. Di dunia kecantikan sendiri lulusan farmasi dapat bekerja sebagai konsultan kecantikan dengan berbekal ilmu farmasi yang dipelajari. Gaji konsultan kecantikan sekarang ini tidak main-main, sebulan bisa sebesar Rp5 juta hingga Rp25 juta.

Demikian beberapa prospek kerja di bidang farmasi dengan gaji yang menjanjikan. Dari prospek kerja di atas, kira-kira prospek kerja manakah yang akan Anda pilih sebagai pekerjaan idaman. 

Jika Anda masih bingung mengenai karir mana yang akan Anda tempuh, Anda bisa bergabung dengan PAFI untuk mendapatkan banyak insight.

Komentar