3 Alasan Mengapa Kriptologi Menjanjikan di Masa Depan

Dilansir dari situs cans2023.com, Konferensi Internasional mengenai Kriptologi dan Keamanan Jaringan kembali diselenggarakan pada tanggal 24 hingga 27 September 2024 di Cambridge, Inggris. Bagi Anda yang tertarik mengikuti konferensi tersebut, Anda bisa mencari informasi lebih lanjut pada situs tersebut. 

Bicara mengenai kriptologi memang saat ini sedang menjadi perbincangan hangat karena sangat dibutuhkan untuk mengimbangi zaman yang serba modern. Lantas mengapa masa depan kriptologi begitu menjanjikan? Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut. 

Alasan mengapa kriptologi sangat menjanjikan di masa depan

Ada beberapa alasan yang mendasari mengapa kriptologi menjanjikan di masa depan yang perlu diketahui. Adapun alasan selengkapnya sebagai berikut.

1. Mengikuti perkembangan zaman 

Alasan mengapa kriptologi sangat menjanjikan di masa depan karena kriptologi merupakan ilmu yang mengikuti perkembangan zaman. Seperti diketahui, saat ini merupakan zaman digital yang memungkinkan informasi atau data dapat diakses kapan saja dan dimana saja baik menggunakan jaringan atau komputer. Kriptologi sendiri berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap informasi atau data agar tidak mudah diakses oleh pihak-pihak yang tidak berwenang. 

Pada zaman digital seperti saat ini, kriptologi digunakan untuk protokol keamanan internet seperti HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) dan TLS (Transport Layer Security). Sedangkan dalam IoT (Internet of Things), kriptologi digunakan pada perlindungan data yang dikumpulkan serta dikirimkan oleh perangkat. Penggunaan kriptologi pada IoT bukanlah tanpa alasan, karena kriptologi mampu memberikan layanan enkripsi data, perlindungan terhadap serangan siber, hingga autentikasi perangkat. 

2. Dibutuhkan oleh semua sektor 

Alasan kedua mengapa kriptologi menjanjikan di masa depan karena ilmu ini merupakan ilmu yang dibutuhkan oleh semua sektor. Seperti diketahui, saat ini hampir semua sektor menggunakan menggunakan perangkat elektronik yang terhubung dengan jaringan internet atau nirkabel lainnya. Baik dari sektor pendidikan, pemerintahan, militer  hingga sektor bisnis. 

Di dalam sektor tersebut tentunya terdapat data atau informasi pribadi maupun organisasi yang bersifat rahasia, penting dan sensitif yang perlu dilindungi. Penyandian atau enkripsi merupakan solusi dalam melindungi informasi atau data rahasia tersebut. Seperti diketahui  penyandian atau enkripsi tersebut merupakan bagian dari fungsi utama kriptologi. 

Jika dilihat dari kehidupan sehari-hari, kriptologi banyak digunakan untuk keperluan umum seperti mengaburkan kata sandi yang tersimpan serta memvalidasi keaslian kata sandi, mendeskripsikan mata uang kriptologi, melindungi pengguna penjelajah situs web dari tindak penyadapan atau serangan MitM (man-in-the-middle), autentikasi pada perbankan, menjaga kerahasian komunikasi, hingga memvalidasi tanda tangan.

3. Tahan banting 

Alasan terakhir mengapa kriptologi sangat menjanjikan di masa depan karena ilmu yang satu ini tahan banting terhadap ancaman. Seperti diketahui quantum computing diprediksi dapat memecah dan menghancurkan algoritma kriptografi klasik seperti ECC dan RSA sehingga sangat mengancam perlindungan enkripsi dari kriptografi. 

Namun saat ini, banyak akademisi dan para ahli di bidang kriptologi berlomba-lomba menciptakan kriptografi quantum-resistance sebagai solusi menghadapi dampak buruk dari quantum computing. Selain itu para akademisi dan ahli di bidang kriptologi  saat ini juga mengadakan penelitian untuk menghadapi serangan siber seperti  side-channel atau brute force. 

Demikian ulasan mengenai masa depan dari kriptologi dan alasannya mengapa ilmu ini menjanjikan di masa depan. 

Setelah membaca ulasan di atas apakah Anda tertarik untuk mempelajari kriptologi lebih jauh lagi? Jika benar Anda perlu bergabung ke Konferensi Internasional Kriptologi dan Keamanan Jaringan.

Komentar